Jumat, 07 Agustus 2015

Painsugar: Tiupan Daya Hidup seorang Ilustrator
Unknown10.48 0 komentar



Painsugar lebih dikenal sebagai salah satu inisiator Pena Hitam Arts, sebuah entitas cair berbasis di Malang yang mengajak siapa saja untuk berkarya, berbagi, berteman dan bersenang-senang. Kendati citra tersebut tertancap sangat kuat, Painsugar memulai jalannya sebagai pendekar seni di bidang ilustrasi dan desain grafis. Kedua bidang itu membuatnya sangat dekat dengan dunia anak muda, musik, ilustrasi, merch, art print, serta kolase dan Xerox yang ditekuninya sejak tahun 2008.

Beberapa karya ilustrasi Painsugar mengesankan rasa kesepian yang kuat kendati dia kerap menekankan subject matter­-nya pada simbol-simbol keras (tengkorak, ular, tanduk iblis, malaikat pencabut nyawa, dan sebagainya). Terkadang dia menyelipkan konsep demonology ke dalam karyanya. Hasilnya segera terlihat. Painsugar menuangkan simbol-simbol keras yang dikombinasikan dengan figur-figur lain yang diambil dari mana saja. Terkadang dia menyelipkan pesan protes tentang betapa sebalnya dia terhadap negara yang mengabaikan kultur orang-orang biasa.


Painsugar adalah model kerja tentang bagaimana seorang illustrator meniupkan daya hidupnya dengan tidak mengabaikan potensi dan bakat yang bertebaran di sekitarnya. Entitas kolektif bernama Pena Hitam dan karya-karya pribadinya mencerminkan hal tersebut. 

Open Call Paperu tahun ini masih dibuka sampai 15 Agustus 2015. Belum mengirim submisi? Silakan menautkan diri Anda pada informasi mengenai Syarat dan Ketentuan Open Call Paperu.  

0 komentar

Posting Komentar